/ zakat

Takaran Zakat Fitrah

Takaran zakat fitrah dan kapan diserahkannya ?

Telah ditetapkan bahwa Rosululloh Sholallohu alaihi wa Salam telah mewajibkan setiap muslim untuk berzakat sebanyak 1 sha’ kurma atau 1 sha’ gandum atau 1 sha’ kismis atau bahan makanan pokok yang berlaku di daerahnya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallohu ‘anhu:

كنا نُخْرِجُ في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم الفطر صاعاً من طعام

“Pada hari raya Idul Fitri ketika Rosululloh Shalallohu Alaihi wa Salam masih hidup, kami mengeluarkan satu sha’ bahan makanan pokok sebagai zakat fitrah” (HR. Bukhari:1510)

Zakat fitrah tidak diperkenankan dengan menggunakan uang dan hanya boleh menggunakan bahan makanan pokok. Dan ini merupakan pendapat dari jumhur ulama.

Zakat fitrah ini diwajibkan bagi setiap muslim baik dia anak kecil maupun orang dewasa, merdeka ataupun hamba sahaya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Ibnu Umar radhiyallohu 'anhuma dia berkata:

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم صَدَقَةُ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ اَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ عَلَى الصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ وَالْحُرِّ وَالْمَمْلُوْكِ

“Rosululloh Shalallohu Alaihi wa Salam mewajibkan zakat fitrah sebanyak 1 sha’ gandum atau 1 sha’ kurma kepada anak kecil, orang dewasa, orang merdeka dan hamba sahaya” (HR. Bukhori:1512)

Zakat fitrah diserahkan sebelum datangnya solat Id sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallohu 'anhuma bahwa Rosululloh Shalallohu alaihi wa Salam bersabda:

من أداها قبل الصلاة فهي زكاة مقبولة ، ومن أداها بعد الصلاة فهي صدقة من الصدقات

“Barangsiapa yang mengeluarkan zakat sebelum solat (Id) maka zakat fitrahnya diterima dan barangsiapa yang mengeluarkannya setelah solat maka hanya dianggap sebagai sedekah” (HR. Abu Daud)

4 Agustus 2012

Takaran Zakat Fitrah
Share this

Subscribe to Blog Pencerahan