/ dakwah

Tak Dikenal di Dunia

Tak dikenal oleh dunia tidak meresahkannya.

Badannya yang kurus dengan tutur kata yang santun berusaha menyampaikan perlahan namun teratur kata per kata kegiatan-kegiatan dakwah yang dilaksanakan di seputaran jawa tengah. Pertemuanku dengannya sangat singkat namun bagiku sangat berkesan sekali.

Seorang diri beliau melintasi pelosok dengan menggunakan motornya. Anaknya baru saja sembuh dari sakit namun aktivitas dakwahnya tetap berjalan terus tanpa henti. Guratan wajah dan kulitnya seolah menjadi saksi perjuangannya yang tak mengenal lelah. Tak terasa sudah tiga tahun aku mengenalnya. Seolah tak dilirik oleh mata-mata ahli dunia namun aku dan orang-orang disekitarnya yang mengenalnya tahu dan bahkan sangat yakin usahanya dengan ijin Alloh telah terasa. Dengan dakwah bil hikmah perlahan tapi pasti proses tarbiyah itu berjalan terus hingga orang-orang di sekitarnya merasakan manfaatnya.

Disini aku tidak ingin menyinggung disparitas keilmuan orang namun satu hal yang pasti masih banyak orang-orang yang membutuhkan dakwah ini. Mereka butuh diajak kepada kebaikan. Untuk orang-orang awam tidak membutuhkan seorang ustadz dengan gelar mentereng tapi yang dibutuhkan adalah keikhlasan dan ilmu bagaimana membaca Al-Quran yang baik karena masih banyak orang-orang dewasa yang belum bisa membacanya padahal Al-Quran adalah Manhajul Hayya.

Beliau mengambil peran ini. Peran yang kata ayahku tercinta adalah peran yang sudah sangat jarang diambil oleh mereka para ahli agama. Peran yang bagi kebanyakan mereka (baik yang berprofesi di bidang ilmu syar’i dan yang tidak) tidak lagi menarik karena mungkin tidak terlihat, tidak dikenal bahkan mungkin tidak menghasilkan. Dan lagi-lagi dunia yang menjadi standarnya. Jangan khawatir tulisan ini bukan untuk menyindir siapa-siapa tapi sepuluh jariku menunjuk pada diriku pribadi. Orang seperti inilah yang paling membutuhkan uluran bantuan kita karena mereka telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk dakwah.

Ahh… telah berlalu banyak kisah perjuangan yang kesemuanya sangat berkesan dan berpengaruh akan tetapi ketahuilah bertemu secara langsung akan lebih terasa getaran semangatnya dari sekedar cerita atau tulisan seperti ini. Terima kasih, ustadz. Engkau sudah mengajari saya arti mujahadah dan keikhlasan. Engkau tak dikenal di dunia akan tetapi bisa jadi engkau dikenal di langit.

  • di hujan rintik-rintik

Andrey Ferriyan

18 Robiul Awwal 1437 - 29 Desember 2015