/ flat earth

Bumi Datar dan Bumi Bulat

Kontroversi bumi datar dan bumi bulat bisa disaksikan sebagai berikut.

Beberapa waktu yang lalu komunitas jagat maya dikejutkan dengan sebuah kenyataan bahwa bumi itu sebenarnya datar dan bukan bulat. Saya mencoba melihat video mereka beberapa episode (tidak semuanya) dan terhenyak. Alasan-alasan yang dikemukakan sangat masuk akal dan luar biasa. Ternyata selama ini kita tertipu dengan semua informasi yang ada. Bahkan salah seorang kawan saya yang memiliki latar belakang ekonomi pun menyampaikan pendapatnya bahwa ini adalah kebenaran yang harus ditegakkan. Ilmu geografi yang kita pelajari selama ini keliru. Bumi tidak bulat tapi datar. Semuanya harus diperbaiki. BMKG berarti telah menipu kita. Satelit yang berputar diatas pun itu hanya berputar dan tidak mengelilingi bumi. Demikian kiranya argumen yang harus disampaikan tatkala kita meyakini bahwa bumi itu datar.

Bagi saya sebenarnya tidak menjadi persoalan membahas bumi bulat atau datar. Saya yang tidak memiliki keilmuan tentang kebumian memilih untuk diam. Saya untuk sementara memilih untuk merasa "ditipu" oleh semua institusi yang berkaitan dengan bumi. Jika kita dihadapkan pada sebuah metode baru (apapun itu), jika kita ingin mengetahui bahwa metode, manhaj yang kita usung itu adalah benar maka perlu dilakukan pengujian. Saya nggak akan bahas dari sisi syariat karena bukan menjadi bidang keilmuan saya.

Kembali kepada menguji sebuah metode yang ada, saya lebih suka mengikuti cara guru saya, Pak Achmad Husni Thamrin. Menguji kebenaran flat earth dengan cara yang bisa kita lakukan sendiri. Tentunya sekali lagi dengan asumsi yang disebutkan pada video tersebut. Saksikan saja videonya sebagai berikut:
Mengamati Matahari, Membuktikan Model

Ini hanya contoh saja, bagi yang ingin membuktikan bisa dicoba. Diskusi perlu akan tetapi jangan menjadi debat kusir yang nggak jelas. Yuk, dicoba.